INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PPDB

I. TAHAPAN KEGIATAN PENERIMAAN SISWA BARU

NO
KEGIATAN
JADWAL

1

Informasi tentang PPDB SMAN 1 Tarakan ke seluruh SMP dengan melalui surat, media massa / elektronik dan web www.sman1-trk.sch.id

20 Mei – 30 Mei 2013

2

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru bertempat di SMA Negeri 1 Tarakan, dengan jadwal sebagai berikut :

  • Pendaftaran dan Pendataan Nilai rapor dan SKHU
  • Tes Bahasa Inggris
  • Pengumuman
  • Daftar Ulang
  • 10 – 12 Juni 2013
  • 13 Juni s/d 17 Juni 2013
  • 19 Juni 2013
  • 24 – 26 Juni 2013

 

II. PELAKSANAAN SELEKSI

A. Komponen Seleksi :

  1. Nilai rapor (Nilai rapor SMP atau MTs yang didata adalah nilai semester III s/d V, yaitu untuk mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).
  2. Test wawancara Bahasa Inggris
  3. Nilai Ujian Nasional
  4. Prestasi akademik / Non Akademik

B. Pembobotan Nilai :

  1. Nilai Rapor : 30% (Nilai Maksimal = 10)
  2. Nilai Test Bahasa Inggris : 20% (Nilai Maksimal = 10)
  3. Nilai UN : 50% (Nilai Maksimal = 10)
  4. Prestasi akademik/non akademik :

a. calon yang berprestasi di bidang akademik tingkat Nasional juara I, II, III mendapat prioritas / langsung diterima, sedangkan prestasi tingkat Provinsi dan kota / kabupaten tetap mengikuti seluruh tahapan seleksi dan untuk juara I, II, dan III diberi bobot 40% : 30% : 20%.

b. Calon peserta didik yang berprestasi di bidang nonakademik (Porseni/Popprov Kejurda/Porprov/O2SN/Kejurnas/PON/Pramuka/PMR) tingkat nasional dan provinsi dan Tingkat Kota/Kabupaten untuk juara I, II dan III diberikan bobot sebagai berikut;

1) Individu: juara I, II, dan III tingkat nasional diberikan bobot 40%, juara I,II, dan III tingkat provinsi diberikan bobot 30% dan juara I, II dan III Tingkat Kota/Kabupaten diberi bobot 20% ;

2) Tim: juara I, II, dan III tingkat nasional diberikan bobot masing-masing 20%, juara I,II,dan III tingkat provinsi diberikan bobot masing-masing 15% dan juara I, II dan III Tingkat Kota/Kabupaten diberi bobot masing-masing 10%

c. Sertifikat atau piagam sebagaimana dimaksud ayat (4) huruf d dan e dibuktikan dalam bentuk sertifikat/piagam atau lainnya asli dan disertakan surat keterangan kepemilikan yang sah dari satuan pendidikan di mana saat itu meraih prestasi;

d. Sertifikat atau piagam sebagaimana dimaksud ayat (4) huruf f adalah berlaku 1 (satu) jenjang lebih rendah dari satuan pendidikan yang dituju dan satu prestasi atau piagam tertinggi.

 5. Penentuan Nilai Akhir :

Penentuan Kelulusan diambil melalui urutan jumlah nilai akhir sampai dengan ke-288, jika peserta mempunyai nilai yang sama maka penentuan batasan kelulusan dilakukan berdasarkan nilai UN mata pelajaran Matematika.

C. Teknis pelaksanaan layanan pendaftaran dan seleksi :

Calon siswa baru melakukan pendafaran di SMA Negeri 1 Tarakan pada tanggal 10 s/d 12 Juni 2013, dengan membawa :

  1. Rapor asli
  2. 1 lembar Fotocopy rapor semester 3 s/d 5 yang telah dilegalisir
  3. SKHU dari sekolah, asli dan 1 lembar fotocopy yang telah dilegalisir
  4. Pas foto hitam putih ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar
  5. Bagi yang calon siswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, melengkapi dengan berkas Jamkesmas / Gakin, surat keterangan tidak mampu dan surat keterangan Penghasilan Tidak Tetap dari kelurahan, serta fotocopy kartu keluarga.
  6. Bagi calon siswa yang mempunyai prestasi Akademik dan Non Akademik tingkat Kota / Propinsi / Nasional / Internasional, melampirkan sertifikat asli dan fotocopy yang telah dilegalisir sebanyak 1 lembar, dan Surat Keterangan Kepala Sekolah tentang kebenaran Prestasi tersebut.

 

Berkas dimasukkan dalam stofmap dengan ketentuan :

- Putra : Map warna biru

- Putri : Map warna merah

Pada Map dicantumkan Nama calon siswa dan Asal Sekolah.

  1. Calon siswa yang mendaftar akan mendapatkan Kartu Seleksi Penerimaan Siswa Baru.
  2. Pada tanggal 13 – 15 dan 17 Juni 2013 peserta mengikuti test wawancara Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Tarakan, dengan membawa dan memperlihatkan Kartu Seleksi Penerimaan Siswa Baru.
  3. Calon siswa melihat pengumuman yang lolos seleksi pada tanggal 19 Juni 2013. Bagi yang lolos seleksi, mengambil formulir-formulir daftar ulang pada petugas.
  4. Bagi calon siswa yang lolos seleksi,, melakukan daftar ulang pada tanggal 24 – 26 Juni 2013 dengan membawa Kartu tanda peserta seleksi penerimaan siswa baru dan formulir-formulir daftar ulang yang telah diisi.

Download versi PDF